DAK Fisik Pemkot Palembang Capai Rp124 Miliar, Alokasikan ke 10 Sektor

  • Whatsapp

BabatPost.com – Pemerintah kota (Pemkot) Palembang tahun ini mendapat alokasi dana alokasi khusus (DAK) Fisik sebesar Rp124 miliar. Dana tersebut rencananya bakal digunakan untuk membiayai pembangunan di 10 sektor kegiatan. Seperti kesehatan, pendidikan, pertumbuhan, perumahan, sanitasi, irigasi, perikanan, keluarga berencana, dan sektor lainnya.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, pihaknya berencana untuk melakukan percepatan realiasasi penggunaan DAK Fisik Triwulan II Tahun 2021. Ia menuturkan, penyerapan anggaran DAK Fisik mengalami sedikit keterlambatan.

“Kendala kita di administrasi. Sebab, kita juga dihadapkan dengan kondisi Pandemi Covid-19,” kata Harnojoyo di Rumah Dinas Walikota, Jalan Tasik Palembang, Selasa (27/7).

Meskipun demikian, Harnojoyo juga bersyukur atas adanya peningkatan DAK di tahun ini. “Kalau untuk DAK tahun ini ada peningkatan sedikit,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan Kota Palembang (Bappeda Litbang) Kota Palembang Ir. Aris Munandar menambahkan, sebagian besar alokasi DAK Fisik akan digelontorkan untuk membiayai kegiatan di sektor pendidikan.

“Hampir 50 persen untuk pendidikan. Sementara untuk kesehatan sekitar Rp 21 miliar,” pungkasnya.

 

Related posts