Target Selesai Tender Akhir Juli, 84 Persen Kegiatan di Dinas PUBM-TR Sumsel Sudah Tanda Tangan Kontrak

  • Whatsapp

BabatPost.com – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang (PUBM-TR) Sumsel tengah mengejar serapan anggaran di lingkungan dinasnya. Dari 81 kegiatan yang sudah direncanakan, sebanyak 69 kegiatan atau sekitar 84 persen sudah dalam tahap tanda tangan kontrak. Sementara enam kegiatan ada yang dilakukan penundaan dan enam kegiatan lainnya masih dalam proses lelang.

Kepala Dinas PUBM-TR Sumsel, Darma Budhy mengatakan, sesuai dengan instruksi Gubernur Sumsel ke seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Proses lelang proyek fisik saat ini terus dikebut pengerjaannya.

“Alhamdulillah, sudah 84 persen kegiatan di dinas kami yang sudah tanda tangan kontrak. Artinya, pengerjaan proyek pemeliharaan, perbaikan maupun peningkatan jalan sudah bisa dimulai oleh pihak ketiga,” kata Budhy saat dibincangi, Senin (26/7).

Budhy menjelaskan, pemenang tender bahkan sudah banyak yang mengambil uang muka pengerjaan proyek. “Sekitar 25 persen kegiatan yang mengambil uang muka. Sementara 50 persen lagi sedang persiapan pengajuan uang muka,” ujarnya.

Ia menargetkan, akhir bulan ini seluruh kegiatan proyek di Dinas PUBM-TR Sumsel sudah memasuki tahapan tanda tangan kontrak. “Kalau lihat sisa proyek yang masih dalam proses tender, mudah-mudahan akhir Juli ini seluruhnya sudah tanda tangan kontrak,” terangnya.

Menurutnya, besaran anggaran yang sudah terserap mencapai kurang lebih 30 persen dari total pagu anggaran 2021. “Nilainya yang sudah melakukan pencairan uang muka sekitar Rp290 miliar,” ucapnya.

Budhy menuturkan, percepatan serapan anggaran merupakan salah satu kebijakan Gubernur Sumsel memulihkan perekonomian masyarakat di tengah Pandemi Covid-19. “Harapannya ada perputaran uang di setiap proyek fisik pembangunan yang dilaksanakan pemerintah. Sehingga bisa berdampak terhadap perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

 

Related posts