Jembatan Nyaris Jebol Lagi, Dipasang Pelat Baja

  • Whatsapp

BabatPost.com Sumsel, SEKAYU – Jembatan Tilan 2 yang berada di Desa Lumpatan II, Kecamatan Sekayu, Kabupaten Muba beberapa hari terakhir kembali jebol. Titik tersebut sebelumnya sudah pernah jebol namun dilakukan  penanganan darurat menggunakan pelat baja.

“Titik yang sama, cuma ternyata kerusakannya merambat ke tempat lain,” ujar PPK 1.3 Satker PJN Wilayah 1 BBPJN Sumsel, Endi Abdel Rozza kepada wartawan.

Kerusakan jembatan tersebut jelas Endi, sebetulnya sudah diprogramkan penanganan permanen termasuk penggantian lantai jembatan di tahun 2022 mendatang. “Namun karena rusak lagi, kita tangani dulu secara parsial supaya tidak mengganggu arus lalu lintas,” terangnya.

Penanganna parsial tersebut kata dia juga termasuk melakukan cor beton dilantai jembatan yang jebol. Hanya saja saat ini preservasi jembatan tengah melakukan persiapan. “Tapi sudah ditangani darurat sementara, Insyaallah aman dilalui,” sambung Endi.

Dikatakannya penyebab jebolnya jembatan selain usia jembatan yang sudah cukup uzur juga banyaknya kendaraan overtonase yang melintas. Diakuinya, seluruh jembatan yang ada di jalan nasional harusnya diduplikasi guna mencegah kalau ada kerusakan tidak mengganggu arus lalu lintas.

“Cuma kan ada keterbatasan anggaran, jadinya bertahap. Apalagi jumlah jembatan di wilayah Jalinteng Betung-Sekayu-Mangunjaya itu ada 62, jadi cukup banyak,” beber Endi.

Hadi, salah seorang pengendara berharap jembatan tersebut secepatnya diperbaiki karena bisa membahayakan pengguna jalan serta jika kembali rusak tentunya mengganggu arus lalu lintas.

“Lantainya di bawah plat besi itu sudah jebol, bahaya sekali,” pungkasnya. (Kur)

 

Related posts